7 Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat

7 Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat

7 Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat

Manfaat Paria Atau Pare – Sayuran pare atau yang masyarakat sunda menyebutkan paria ini, memang merupakan salah satu jenis sayuran yang kebanyakan orang tidak menyukainya. Cita rasanya yang pahit kerap kali membuat orang-orang enggan memakan sayuran yang satu ini.

Mengupas Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat

Beruntunglah bagi mereka yang menyukai sayuran yang satu ini. Karena dibalik rasanya yang pahit ini, ternyata didalamnya terkandung berbagai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

7 Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai manfaat besar yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi buah pare atau paria ini.

1. Membantu menurunkan dan menormalkan kadar gula darah

Penderita gula darah tinggi kerap kali menggunakan berbagai pengobatan yang harganya selangit, demi menurunkan kadar gula darah yang mereka alami. Menu makanan yang di konsumsi juga sangat di batasi.

Namun perlu Anda ketahui ! Dengan rutin mengkonsumsi paria atau pare ini, maka kadar gula darah tinggi yang kamu alami bisa menurun. (kuncinya adalah rutin mengkonsumsi sayuran pare atau paria ini).

Sejumlah penelitian menunjukan kalau sayuran yang satu ini dapat menurunkan kadar gula darah seseorang, melalui peningkatan metabolisme glukosa. Para ahli sendiri berhasil mengindentifikasi kemampuan sayuran pare dalam melawan diabetes ini berkat kandungan senyawa ststereoid saponin (charatins).

Stereoid saponin (charatins) adalah senyawa sejenis insulin yang mirip peptida dan alkaloid. Dimana senyawa tersebut terkonsentrasi didalam sayuran pare ini.

Anda bisa mencoba dengan rutin saja mengkonsumsi sayuran pare ini. Baik itu di olah dengan cara di sayur, tumis, atau bahkan Anda bisa membuatnya sebagai jus.

Namun ingat ya..! Jangan mengkonsumsi sayuran ini secara berlebihan. Karena pengkonsumsian berlebihan sayuran pare ini dapat menimbulkan sakit perut, diare, ataupun demam. Namun dalam jumlah yang cukup, maka khasiat dari sayuran yang satu ini tanpa efek sampinglah yang akan di dapat.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang cukup tinggi sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena dapat menyempitkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit ini akan berakibat meningkatkan resiko seseorang mengalami serangan jantung atau stroke.

Sayuran pare ini sendiri ternyata di ketahui juga bermanfaat guna membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

Bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, bagus untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Adapun untuk melihat apakah pare ini efektif dan cocok buat Anda, Anda bisa melakukan test darah sebelum dan setelah beberapa hari rutin mengkonsumsi sayuran pare ini.

Sayuran pare ini akan lebih bagus di konsumsi dengan cara di buat jus. Namun bagi Anda yang tidak tahan dengan rasanya, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di olah dulu menjadi tumis, sayur, dll.

3. Memiliki sifat anti-kanker

Tak disangka-sangka ! Ternyata sayuran yang pahit ini juga bersifat anti-kanker. Berdasarkan penelitian mengatakan kalau di dalam sayuran pare / paria ini dapat mengganggu produksi glukosa, yakni suatu senyawa yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama untuk kanker pankreas.

4. Turunkan berat badan secara alami

Didalam sayuran ini sendiri memiliki kandungan yang rendah akan kalori, namun tinggi akan nutrisi. Kemampuan sayuran pare ini dalam menurunkan berat badan, diperkirakan karena dapat merangsang lipid dan metabolisme pemrosesan lemak serta merangsang gen yang mengendalikan nafsu makan dan berat badan.

Berdasarkan sebuah laporan yang di publukasikan di Journal of Lipids pada tahun 2005 mengatakan kalau pare ini dapat mengurangi berat badan. Hal ini di perkirakan karena sayuran yang satu ini memiliki kandungan yang mampu meningkatkan oksidai asam lemak, yang pada akhirnya hal ini akan memicu penurunan berat badan.

5. Sebagai tonik untuk liver

Sayuran yang memiliki cita rasa pahit ini sendiri juga di kenal sebagai “tonik hati”, karen kemampuannya dalam meningkatkan fungsi kandung empedu dan menurunkan retensi cairan pada liver. Cukup dengan mengkonsumsi jus pare satu kali sehari saja, maka gangguan seperti sirosis hati, hepatitis dan sembelit dapat di kurangi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Annamali di India melaporkan kalau ekstrak pare dapat meningkatkan kadar glutathinone peroxidase (GPx), superoxide dismutase dan catalase. Dimana senyawa ini dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi dan mencegah kerusakan hati.

6. Bagus untuk kesehatan tulang

Hal ini sendiri dikarenakan didalam sayuran pare atau paria ini benar-benar kaya akan kandungan vitamin K. Dimana vitamin K ini sendiri memang sudah terkenal bermanfaat guna menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, vitamin K juga berperan darlam proses pembekuan darah dan bersifat anti-inflamasi/radang.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang bagus memang di ketahui dapat mencegah terjadinya suatu penyakit ataupun infeksi. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang bagus, seringkali tidak terlihat mengalami suatu penyakit. Terutama serangan penyakit musiman seperti flu, batuk dsb.

Bahkan dalam pengobatan tradisional China, sayuran ini di kenal sebagai obat batuk kering, bronkitis dan radang tenggorokan selama ratusan tahun lamanya. Dari sejumlah penelitian menunjukan, buah maupun biji pare bermanfaat untuk mencegah penyakit pernapasan, batuk, lendir ataupun alergi terhadap suatu makanan.


Sort by : Howardwallacechorale.com

7 Manfaat Paria Atau Pare, Si Pahit Yang Kaya Akan Manfaat

Tinggalkan komentar